lapisan tahan karat ataba baja ringan

Lapisan Baja ringan haruslah lapisan yang tahan karat. Untuk materialnya ada dibawah ini:

Lapisan tahan karat :
Material baja harus dilapisi perlindungan terhadap serangan korosi, dua jenis lapisan tahan karat (coating):
Galvanized (Z220)
Pelapisan Galvanized
Jenis Hot-dipped continuous
Kelas Z22 ketebalan pelapisan 220 gr/m2
komposisi 95% zinc, 5% bahan campuran

Galvalume (AZ100)
Pelapisan Zinc-Aluminium
Jenis Hot-dipped-allumunium-zinc 
Kelas AZ100 katebalan pelapisan 100 gr/m2
komposisi 55% alumunium, 43,5% zinc & 1,5% silicon.
atap baja ringan








Koneksi Rangka Kuda -kuda Baja ringan di Tumpuan :

Pada dasarnya rangka kuda-kuda Baja ringan harusnya bertumpu langsung pada balok sehingga beban dari struktur atap rumah atau genteng langsung di pikul oleh balok .
Akan tetapi karena kondisi yg terjadi di lapangan pemasangan rangka kuda-kuda Baja ringan untuk terhubung dgn balok memerlukan koneksi .

Beberapa cara dilakukan oleh fabrikator Baja ringan untuk menghubungkan rangka kuda-kuda baja ringan ini dgn balok melalui antara lain sebagai berikut :
1. Sambungan rangka kuda-kuda dgn L braket . Penyambungan rangka kuda-kuda Baja ringan dihubungkan dgn screw. Sedangkan L braket terhubung ke balok memakai dinabolt . Mengenai jumlah screw tergantung dari pembebanan yg dihitung & hasil dari perhitungan dari engineer.
2. Penyambungan dgn siku dibentuk dari Baja ringan yg dibentuk menyerupai L braket . Prinsip penghubung ini sama dgn L braket . Akan tetapi dgn menggunakan bahan ini apabila memakai bahan yg tdk terpakai dari sisa-sisa truss maka bahan dapat lebih murah / hemat .
3. Koneksi berbentuk huruf U atau V. koneksi ini dipakai pada pemasangan rangka kuda-kuda Baja ringan yg berbentuk setengah kuda-kuda atau yg menempel pada dinding vertical. Kuda-kuda Baja ringan di klem dgn koneksi ini kemudian di dinabolt ke dinding

Pemasangan L braket ini biasanya dilakukan waterpass terlebih dahulu agar pemasangan Baja ringan benar-benar flat & baik .
atap baja ringan


self drilling screw

Untuk sambungan pada baja konvensional atau baja berat dipakai sambungan las & sambungan mur baut . Untuk Baja ringan sambungan antara truss satu dgn truss lain di pakai self drilling screw (SDS) .

Pemakaian screw ini disarankan sekali pakai saja sebab apabila dipakai berulang-ulang maka drat dari SDS kemungkinan sudah rusak . Screw ini bila dipakai berulang-ulang ketajaman dari mata screw sudah berkurang .

Perkuatan pada sambungan ini sangat penting sebab pada sambungan inilah kekuatan dari struktur atap Baja ringan. Apabila ada screw pada sambungan yg kendor maka kekuatan sambungan jadi berkurang .

Sumber dari: karangpilanggading.blogspot.com
`

No comments:

Post a Comment